massagereel

SMA 7 siap dinilai dalam lomba sekolah sehat dan sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2012. Jaga kebersihan, kesehatan dan keindahan sekolah dengan budaya pola hidup tertib dan peduli.

Senin, 12 Maret 2012

Resensi Buku: The Magic of Mahabharata Ramayana

Judul Buku : The Magic of Mahabharata Ramayana
Penulis : Pardi Suratno
Penerbit : Pararaton
Tahun : 2009
 
MAHABHARATA & RAMAYANA telah berusia lebih dari 2000 tahun. Kedua mahakarya yang dinisbatkan sebagai karya Empu Wyasa Kresna Dwipayana dan Empu Walmiki ini, memuat berbagai pergolakan politik, hukum, seni, budaya dan religi yang berjalin berkelindan dengan filsafat sosial yang sangat indah. Inilah puncak-puncak kecerdasan etis-spiritual, moral-estetika yang menghubungkan bangsa-bangsa Asia secara ideologis melebihi batas-batas demografis dan geografis. Sebagai produk budaya yang bernilai tinggi, kitab ini terus mendapat apresiasi dari berupa pemaknaan-pemaknaan baru yang kontekstual.
Hukum, hukuman dan kutukan memiliki relasi dengan pendidikan etika dan estetika. Metode reward and punishment telah lama dilakukan sebagai pembinaan akhlak kultural dan seni moral berupa yang hadiah bagi mereka yang berprestasi dan hukuman bagi yang melakukan kesalahan. Sebagai media pendidikan, kajian Fardi Suratno ini membuktikan bahwa reward and punishment dalam masyarakat kuno sangat efektif dan berdampak sangat dahsyat terhadap pribadi maupun sistem sosial masyarakat. Bagaimana dengan sekarang? (A)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar